Purwakarta – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIES Indonesia Purwakarta Kelompok 7 yang berlokasi di desa Mekargalih Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Kelompok ini beranggotakan dua belas mahasiswa yaitu Machfud Fauzan Trijulianto (Ekonomi Syariah), Tasya Winny Arditta (Ekonomi Syariah), Feti Fitrianingsih (Ekonomi Syariah), Wina Savana Almuharima (Perbankan Syariah), M. Sofian Syauri (Ekonomi Syariah), Rio Kristianto (Ekonomi Syariah), Muhammad Umarudin (Ekonomi Syariah), Kokom Komariah (Ekonomi Syariah), Putri Solikhah (Ekonomi Syariah), Firdha Madien Azizah (Ekonomi Syariah), Sahrul Pahrudin (Ekonomi Syariah), Ega Erlia (Ekonomi Syariah).

Kegiatan ini bekerja sama dengan perangkat desa khususnya RW 1 Desa Mekargalih Jatiluhur Purwakarta, Jumat (18/02/2022), dimana Tim KKN melihat kegersangan di wilayah RW 1, mungkin karena berdekatan dengan gerbang tol Jatiluhur, sehingga berdampak terhadap lingkungan masyarakat yang tinggal di sekitar atau berdekatan dengan jalan tol.

Pemanasan global saat ini menjadi masalah serius, jadi kami harus bertindak sekarang bukan menunggu esok,” ujar Machfud sebagai ketua kelompok 7 KKN STIESIP. Aksi peduli seperti ini diawali dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu agar ke depannya terbiasa dan mampu membawa kelestarian lingkungan sekitar.

Pelaksanaan KKN STIESIP, kelompok 7 dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Jalaludin, S.E., M.E. Beliau menyampaikan, “dengan adanya penanaman pohon di wilayah RW 01 ini diharapkan mampu membantu mereboisasi lingkungan dan bisa bermanfaat untuk membersihkan udara di wilayah desa Mekargalih Jatiluhur Purwakarta”. “Selain itu, dengan program ini masyarakat diharapkan lebih sadar kembali terhadap kesehatan lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon di halaman rumah masing-masing, agar lingkungan Mekargalih tidak terlalu gersang”, tambah jalaludin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *